Selasa, 15 Februari 2011

Perkebunan jagung di Brebes


Brebes sebagai daerah agraris,tanahnya sangat cocok untuk budidaya keanekaragaman tanaman pangan mulai dari sayuran, buah-buahan,sampai tanaman pangan sumber karbohidrat.

Bisa dilihat pada gambar ,perkebunan jagung di persawahan brebes terbentang dengan subur, dengan harapan hasil panen yang baik.

Jagung sumber karbohidrat senagai pengganti makanan pokok,jagung bisa dibuat nasi jagung yang pernah populer di negri iniyang merupakan keanekaragaman makanan pokok.

Keanekaragaman makanan pokok di Indonesia khususnya di Brebes bukan jagung saja tapi juga singkong, ketelaa rambat, tales ,gondem, aneka umbi yang lain,semua itu bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras.

Hanya saja sayangnya bahan-bahan makanan tersebut di brebes belum disosialisasikan untuk dibuat makanan pokok pelengkap lauk, sementara ini kta mengenal bahan-bahan makanan tersebutsebagai jajanan tradisional yang mengenyangkan .

Dengan pengolahan yang tepat bahan-bahan makanan tersebutbisa jadi sumber karbohidrat pelengkap lauk, seperti yang ada di Indonesia bagian timur dan tengah [ Maluku, Menado ] mengolah tanaman sagu dibuat papeda [ seperti bubur] semakin enak kalau dimakan bersama masakan ikan bersantan.

Semoga dengan kita mengenal lebih dekat nantinya akan menemukan cara pengolahan yang tepat dari bahan-bahan makanan tersebut menjadi makanan pokok pelengkap lauk,jadi bukan hanya dibuat aneka jajanan tradisional saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar