Selasa, 05 Mei 2015

Pesona Batu Mulia ( akik )

Batu adalah : Suatu mineral padat yang berasal dari perut bumi karena proses geologi .
Dataran Indonesia secara geologi merupakan pertemuan antar lempeng benua dan lempeng samudra , lempeng - lempeng itu memungkinkan terjadinya benturan antar lempeng yang membentuk gundukan - gundukan yang apabila kena erupsi dari tenaga tektonik akan menjadi gunung berapi, dari gunung berapi itulah jika meletus akan mengeluarkan aneka batuan yang berwarna -warni, ada hijau, merah, biru, pputih, hitam dll.
Dan apabila batuan-batuan itu diproses , dihaluskan, batu itupun akan tampak indah, dan karena keindahannya itulah, maka banyak diburu orang untuk perhiasan dan punya nilai jual yang tinggi ,itulah batu akik/ batu mulia.
Kini di berbagai daerah di Indoneesia sedang marak, demam dengan batu akik, mereka berburu batu akik ada yang sebagai penambang,pemroses, dan banyak pula yang sebagai penjual , baik masih dalam bentuk batu maupun yang sudah jadi perhiasan ( cincin, liontin ).
Di Indonesia ,hampir di berbagai daerah kini marak orang -orang berburu batu akik.
Pesona batu akik telah membius masyarakat, banyak orang beralih profesi dari petani beralih pencari batu , bahkan anak-anak, ibu-ibu semua berburu keuntung  dari keindahan  batu..
Semua akses jalan mulai dari sungai, jalan berlumpur ramai dilalui orang pencari batu, di jalan , tantangan demi tantangan dilalui , banyak diantara mereka yang terjebak di jalan sampai harus menginap  di lokasi penambang batu ,semua itu dilakukan demi batu.
SDA ini kini sedang menjadi primadoona di negri ini, karena pesonanya ,rupiahpun banyak diraupnya dari penambang, pemroses, sampai penjual ,semua ketiban rejeki dari batu.
 Apakah itu berkah.....................................???!!!  semoga saja, dan sudah seharusnya pemerintah jangan acuh tak acuh pada SDA yang satu ini, yang pasti eksploitasi batu besar-besaran akan mengancam kelestarian alam negri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar