Selasa, 09 Februari 2010

Pabrik Gula


Pabrik gula Jatibarang adalah sisa peninggalan pemerintahan Belanda yang di bangun pada Th 1842. Belanda membangun pabrik gula di Jatibarang Brebes ada 3 pabrik di 3 tempat, yaitu antara lain : PG.Banjaratma, PG Jatibarang, PG Kersana,dari ke 3 pabrik gula tersebut akhirnya di gabung menjadi 1 yaitu PG. Jatibarang.
Walaupun kelancaran usahanya tidak selancar saat dulu ,tapi masih tetap bertahan, semoga saja , bahkan semestinya lebih maju lagi.
Pabrik Gula Jatibarang disamping sebagai tempat produksi gula pasir yangmerupakan salah satu kebutuhan pokok tiap hari, pabrik gula Jatibarang telah memberi telah memberi keuntungan manfaat kepada masyarakat Brebes pada umumnya dan masyarakat jatibarang pada khususnya diantaranya : banyak merekrut tenaga kerja masyarakat sekitar, pembayaran pajak, adanya tradisi tahunan yang mnghibur masyarakat ,misalnya :
- metikan adalah masa panen tebu ,dan diadakan pasar malam tiap tahun.
- manten tebu adalah simbol dari hasil tebu yang meruah, boneka-bonekaan yang terbuat dari
batang tebu di dandani mirip penganten diarak keliling kota.
tapi ada juga dampak buruknya yaitu pada saat masa produksi / masa giling ada hujan debu di lingkungan sekitar, limbah tebu,polusi pernafasan.
Yach tapi itu semua adalah baik dan buruknya suatu pabrik, tapi walau bagaimanapun Pabrik Gula Jatibarang telah sedikit banyak membantu pembangunan di kecamatan Jatibarang yang merupakan salah satu kota kecamatan di Brebes.

3 komentar:

  1. saya irene nety selviani umur 21 tahun lulusan politeknik kesehatan kemenkes jakarta II jurusan gizi. jika ada lowker ahli gizi rumah sakit maupun puskesmas bapak/ibu dapat menghubungi (0283) 343206 / Hp 085697059276 atau email saya irene.selviani@yahoo.co.id
    terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  2. irene ,mudah-mudahan irene sekarang sudah mendapatkan pekerjaan yg sesuai dengan basic pendidikannya.maaf terlambat balas komentarnya.

    BalasHapus
  3. ibu andini , saya mau kerja di pabrik gula jati barang ..maaf ada lowongan ibu? saya cuma punya ijazah paket c terima kasih atas perhatiannya

    nb; saya berharap bisa diterima dan saya siap kerja lembur dan kerja dgn target

    terima kasih

    BalasHapus