Selasa, 02 Agustus 2011

Melestarikan keberadaan buah maja




Indonesia dengan iklim tropisnya ,panas, curah hujan tinggi sehingga tanah Indonesia banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman baik tanaman pangan maupu tanaman non pangan.




Yang semua memiliki manfaat / guna bagi seluruh makhluk yang hidup di negri ini.




Sayangnya dari berbagai amcam tanaman itu ada beebarpa yang keberadaannya makin langka, kalau diamakan usia sich tidak masalah,karena bakal muncul / tumbuh species baru, tetapi kalau langkanya karena kurang kepedulian kita atau tindakan yang kurang bertanggung jawab seperti ilegal loging, ataupun pembakaran secara besar-besaran.......salah siapa........??




Banyak tanaman yang keberadaannya makin langka ,salah satunya yang dulu banyak tumbuh di tanah brebes yakni buah maja, tanaman dengan buah menarik, eksotik, berwarna hijau tua kurang lebih sebesar melon yang awal penemuannya mengingatkan pada sejarah kerajaan majapahit, buah maja pertama ditemukan oleh R. Wijaya saat membuka hutan Tarik untuk ditempati, kemudian salah satu tentaranya yakni patih Gajah Mada kehausan, maka makanlah buah maja yang rasanya pahit [ karena yang dimakan kulit mudanya jadi pahit] sehingga tempat itu disebut dengan Majapahit.yang terletak di pulau jawa bagian timur.




Disebutakn bahwa Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu - Budha yang sangat besar yang berdiri dari Th 1293 - 1500 M yang mencapai kejayaannya dengan menguasai sebagian pulau jawa, Madura, Bali dan berbagai wilayah lain di Nusantara.




Walaupun kebeardaan buah maja semakin langka ,tapi masih ada kok,tuimbuh subur di halaman besaran PG.Jatibarang Brebes.




Untuk itu kita perlu menjaga dan merawatnya agar keberadaannya masih bisa kita manfaatkan, kecuali kita manfaatkan sebagai minuman sirup, maupun berbagai obat tradisional, juga masih banyak lagi manfaatnya.




Dan akan lebih baik lagi , kalau di sekolah-sekolah juga menanam untuk melestarikannya sebagai tanaman peneduh maupun untuk mengingatkan pada mata pelajaran sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar