Rabu, 13 April 2011

Usaha pembuatan batu bata di daerah brebes


Pembangunan fisikbangunan selalu bertambah dan berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi......................

baik sebagai bangunan rumah tempat tinggal maupun bangunan -bangunan yang lain yang semua ini tidak terlepas dari bahan material yang digunakan , salah satu contohnya penggunaan material dinding batu bata yang mayotitas digunakan sebagian oleh masyarakat kita.

Meskipun sekarang banyak ditemukan material dinding pengganti batu bata ,tapi penggunaan batu batapun masih banyak termasuk di lingkungan daerah brebes.

Mengingat penggunaan batu bata yang masih banyak di cari dalam pembangunan fisik ,maka hal ini merupakan peluang usaha yang banyak dikembangkan oleh banyak pihak di berbgai daerah ,termasuk di daerah brebes ,apalagi mengingat keuntungan besar yang akan didapat.

bBatu bata dibuat dari tanah liat yang diaduk sampai rata dengan air ,dipadatkan, kemudian dicetak ,dipotong-potong berbentuk empat persegi panjang ,lalu dijemur di bawah teriknya sinar matahari atau dekat tungku yang akhirnya dibakar sampai kurang lebih 4 hari .

Hanya saja di brebes ada 2 jenis pembakaran yakni :

1. Pembakaran dengan kayu bakar. dengan hasil akhir batu bata lebih kuat ,tidak mudah pecah.

2. Pembakaran dengan sekam [ dedak ] hasil akhirnya batu bata tidak sekuat pembakaran dengan kayu, tapi harga lebih miring.

Adanya usaha pembuatan batu bata didukung dengan manajemen usaha yang baik dan profesional, usaah ini kemungkinan akan selalu berkembang dan menjanjikan apalagi kalau dengan dukungan dari PEMDA yang berupa permodalan maupun kemudahan -kemudahan yang lain ,dengan begitu produsen batu bata ikut mensukseskan pembangunan yaitu dengan mengurangi pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar