Rabu, 28 Maret 2012

Manfaat limbah padi

Panen raya telah tiba, hamparan padi menguning petak demi petak mulai dipanen.
Bukan cuma butiran beras saja yang dihasilkan dari beberapa kegiatan / pekerjaan selama panen raya yang dimulai dari potong padi, perontokan padi dari batangnya yang kemudian perlu penjemuran sebelum akhirnya digiling hingga menghasilkan butir-butir beras, ternyata banyak pula sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan banyak manfaatnya bagi banyak orang maupun bagi lingkungan sekitar dan tentu saja punya nilai ekonomis yang tinggi, yang semula banyak orang mengira semua itu adalah sampah / limbah padi.
Yach limbah padi inilah yang ternyata punya sejuta manfaat dari batang padi / jerami maupun sekam kulit biji padi pelindung beras. mulai dari kompos [ pupuk organik ] yang bisa menyuburkan lahan, sawah yang secara perhitungan biayanya lebih murah dibandingkan dengan pupuk kimiawwi yang harganya selalu naik.
jerami juga bisa dibuat pakan ternak yang kaya akan nutrisi dan sangat baik bagi ternak, tumpukan jeramipun bisa dimanfaatkan sebagai lahan media jamur baik jamur merangvmaupun jamur kancing, jerami yang dibakarpun hingga menjadi arang termasuk obat tradisional yang cukup banyak untuk mengatasi berbagai macam penyakit, air hasil bakaran bisa untuk mengawetkan makanan alami yang lebigh aman dari pengaawet kimia seperti formalin, borak dll.
Akankah kita buang sis-sia limbah padi itu ....???!
Jadilah petani yang cerdas disamping memperhitungkan keuntungan yang bakal diperoleh ,juga perlu memikirkan kesehatan, keselamatan, keamanan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar