Sabtu, 25 Januari 2014

Indonesia dirundung Bencana

Negara kita Indonesia sedang dirundung bencana, mulai dari banjir di ssana sini yang hingga kini belum usai bahkan merambah juga di beberapa daerah lain, Jakarta, Indramayu, Kudus ,Menado dll.
Musibah lain juga tidak kalah menyita perhatian kita, yakni gangguan-gangguan alam dari aktivitas Gunung Sinabung di Sumatra Utara .
Longsor di Kudus,dan beberapa daerah laain, dan kini Gempa Bumi berkekuatan 6,5 skala rigter tepatnya di pantai selatan pulau jawa yang mengguncang Kebumen, Cilacap, Banyumas ,Yogyakarta yang pengaruhnya tentu saja ke berbagai daerah lain di wilayah barat seperti Tasikmalaya, sebelah utara seperti Brebes, Tegal ,Pemalang.
Tentu saja dari bencana-bencana itu banyak kerugian yang didapat mulai dari korban jiwa , harta benda rusak, hilang / hanyut, bangunan -bangunan, rumah, masjid roboh karena gempa.
Yach ini semua cobaan buat kita semua untuk selalu tabah dan sabar menghadapinya dengan selalu mencoba untuk mencari solusinya. Dibalik fenomena alam yang terjadi , yang membuat kerugian banyak, pasti ada hikmah /keuntungan dibalik semua itu.
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki unsur-unsur fisik seperti letak geografis yang menjadikan negara Indonesia memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim penghujan, disaat musim penghujan seperti saat ini dampaknya banjir.Sedangkan letak geologisnya bagi negri kita, negri kita merupakan tempat pertemuaan lempeng-lempeng lapisan bumi yang memungkinkan saling bertabrakan hinggamenimbulkan gempa, jadi wajar saja Indonesia sering dilanda gempa.
Tapi dibalik semua itu dampaknya negara kita kaya akan Sumber Daya Alam ,dengan deretan gunung berapinya yang menjadikan tanah Indonesai subur ,kaya akan barang tambang ,dan terbentuknya bentuk muka bumi yang artistik yang berpotensi sebagai daerah wisata .
Nah kita patut bersyukur kepada Allah swt karena dibalik cobaan yang diberikan pasti Allh swt punya rencana lain. Manfaatkan Alam secara bijak agar bisa meminimalisir bencana yang datang agar seimbang antara keuntungan dan kerugian yang kita dapatkan dari alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar