Selasa, 24 April 2012

Kebijakan Ujian Nasional yang pro dan kontra

Ujian Nasional tingkat SMP dan sederajat telah dimulai sejak hari Senin tanggal 24 April 2012, yang sebelumnya telah diawali dengan pembekalan-pembekalan kepada siswa dari pembekalan materi pelajaran tambahan sampai bimbingan rokhani yang dilakukan dengan doa bersama yang merupakan ritual rutin jelang Ujian Nasional, harapannya agar siswa lebih tenang , mengurangi tekanan batin ,stres .
Kita tahu kebijakan Ujian Nasional terus timbulkan pro dan kontra ,bahkan mungkin lebih banyak yang kontra , bagaimana tidak........, dengan aturan-aturan semakin ketat, dari pelaksanaan sampai hasil Ujian Nasional yang berupa nilai rata-rata yang semakin tinggi dari tahun ke tahun.
Rasanya bukan rahasia lagi , penyelenggaraan Ujian Nasional jauh dari apa yang sebenarnya ingin dicapai yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia hingga mencetak kelulusan sebagai SDM yang berkualitas, cakap, brilian dalam berpikir.Melihat seperti itulah semestinya pemerintah lebih bijaksana , mengkaji kembali kebijakan Ujian Nasional secara menyeluruh.
Mungkin dengan istilah perlahan tapi pasti serasa  lebih baik dengan tetap melihat situasi dan kondisi , segala permasalahan secara komplek dari perekonomian, tingkat kesejahteraan masyarakat, kesehatan di negri ini.
Mudah-mudahan seiring berjalannya waktu permasalahan-permasalahan ini bisa menemukan titik terang demi kebaikan bersama dan tentunya hasil yang baik sebagai tujuan yang ingin di capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar