Jumat, 20 April 2012

Tumpeng , makanan khas Indonesia

Tumpeng adalah Makanan khas Indonesia khususnya tanah jawa termasuk juga di aderah brebes, juga sangat membudaya, yang terdiri dari nasi dan lauk pauknya yang bergaya tradisional dengan tidak melupakan rasa dan tampilannya .
Tumpeng banyak dibuat ,biasanya untuk peringatan- peringatan acara tertentu khususnya syukuran seperti Ulang Tahun maupun syukuran lainnya.Nasi tumpeng biasanya dibuat disamping agar enak, sedap juga dibuat seindah mungkin dengan berbagai garnis yang mengelilinginya.
Bentuk tumpeng yang umumnya melingkat dan meruncing ke atas punya makna tertentu , dengan harapan rejeki / keberkahannya terus tak berhenti bagai lingkaran yang tak berujung dan meruncing ke atas agar rejekinya makin ke atas,tentu saja diiringi dengan doa pada Yang Maha Kuasa , makanya keberadaan   penyuguhan tumpeng tetap bertahan apapun acaranya,ditengah-tengah sajian makanan yang berbau asing.
Apapun acaranya pilihlah menu makanan yang sesuai dengan selera kita tentu saja yang menyehatkan tubuh, tapi apapun makanannya jangan lupakan makanan khas Indonesia seperti tumpeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar